Pelajaran Alkitab Untuk Remaja

Pelajaran Alkitab Untuk Remaja

Pelajaran Alkitab Untuk Remaja – Materi ajar yaitu segala model materi yang digunakan buat membantu para guru di dalam melakukan proses menuntut ilmu dan mengajar. Materi yg dimaksud dapat berwujud materi tertulis maupun materi tidak tertulis. Dengan materi ajar, memungkinkan peserta didik sanggup mempelajari berkenaan suatu kompetensi secara runtut & terstruktur, sehingga secara akumulatif sanggup menguasai semua kompetensi dengan cara utuh & terpadu.

Pelajaran Alkitab Untuk Remaja

Guru kudu menyadari dengan cara detail mengisi materi pelajaran yang perlu dikuasai para siswa karena peran dan tanggungjawab guru ialah sebagai sumber mempelajari. Materi pelajaran tersebut rata-rata dideskripsikan didalam buku teks, sehingga sering terjadi aktivitas pembelajaran sebatas menyampaikan materi yang ada dalam buku. Tapi, dalam aktivitas pembelajaran yang berorientasi terhadap pencapaian maksud atau kompetensi, pekerjaan guru bukanlah sbg sumber mencari ilmu dengan demikian materi pelajaran memang bisa diambil dari bermacam sumber.

Tujuan & Manfaat Materi Ajar

Materi ajar bertujuan untuk menunjang murid di dalam menggali ilmu, menyediakan bermacam tipe materi ajar, memudahkan guru di dalam lakukan pembelajaran, juga agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Sedangkan fungsi materi ajar yakni untuk mempermudah pelaksanaan mencari ilmu & mengajar, bisa diajukan juga sebagai karya yang dinilai buat tingkatkan angka kredit guru utk kebutuhan kenaikan pangkat, seterusnya akan tingkatkan gaji guru jikalau hasil karangannya diterbitkan.

Pelajaran Alkitab Untuk Remaja

Aspek Materi Ajar

Materi pelajaran mampu dibedakan jadi tiga perihal:

Ke-1, wawasan atau (knowledge), pengetahuan merujuk kepada info yang disimpan didalam pikiran (mind) para murid. Dengan begitu, pengetahuan berhubungan dgn bermacam info yg harus dihafal dan dikuasai oleh para murid. Maka manakala diperlukan siswa dapat mengungkapkannya kembali.

Kedua keterampilan atau (skill). Keterampilan menunjuk kepada tindakan-tindakan fisik atau non-fisik yg dilakukan oleh seseorang dengan trick yg kompeten buat capai maksud tertentu.

Ke-3 sikap atau (attitude). Sikap menunjuk terhadap kecenderungan seseorang utk bertindak sesuai dengan nilai dan norma yg dipercayai kebenarannya oleh siswa.

Sumber Materi Pembelajaran

Sumber belajar ditetapkan sbg informasi yg disajikan & disimpan dalam beraneka model alat yg sanggup menopang para siswa didalam menuntut ilmu sbg perwujudan dari kurikulum. Wujudnya tidak terbatas, apakah di dalam bentuk cetakan, video, & yang lain. Dgn begitu, sumber belajar sanggup diartikan sebagai segala tempat sekitar, benda & orang yg mengandung info yang sanggup difungsikan bagi peserta didik buat melaksanakan aktivitas perumusan materi tingkat lanjut.

Bermacam macam sumber materi pembelajaran atau sumber belajar dapat dimanfaatkan untuk mendukung materi pembelajaran tertentu. Penentuan tersebut wajib selamanya mengacu pada tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Jenis materi ajar, antara lain:

1. Materi ajar cetak: merupakan materi yg mampu ditampilkan dalam beraneka ragam wujud di antaranya buku, modul, evaluasi, lembar kegiatan para siswa, brosur, gambar & lain-lain.

2. Materi Ajar dengar: di antaranya, kaset, radio dan lainnya.

3. Materi ajar pandang dengar: di antaranya, video dan narasumber & lain sebagainya.

4. Materi ajar interaktif: bersifat kombinasi dari 2 buah materi ajar, yakni audio dan visual. Contohnya bisa berupa teks, grafik, & lain-lain.

Wajib diingat bahwa seseorang guru tak boleh hanya bergantung kepada satu jenis sumber sbg satu-satunya sumber menuntut ilmu. Sumber belajar yaitu rujukan, artinya dari berbagai sumber mencari ilmu tersebut seorang guru kudu melakukan analisis & mengumpulkan materi yg cocok utk dikembangkan dalam model bahan ajar termasuk Pelajaran Alkitab Untuk Remaja. Di samping itu, kegiatan pembelajaran bukanlah usaha menyelesaikan total isi suatu buku, tapi meringankan para siswa menggapai kompetensi. Lantaran itu, hendaknya guru memakai sumber belajar ataupun bahan ajar dengan cara bervariasi, buat pengembangan bahan ajar dapat berpedoman dengan panduan pengembangan bahan ajar yg diterbitkan oleh Pemerintah.

Berdasarkan aspek di atas, guru perlu menentukan bahan/materi yang kudu diberikan, bahan mana yang tidak mesti. Untuk itu guru kudu memperhitungkan hal-hal berikut ini :

a) Bahan/materi wajib tepat & membantu tercapainya maksud. Cuma bahan atau materi yg tepat & menunjang maksud yang wajib diberikan.

b) Pentingnya bahan ajar, yakni bahan itu penting untuk diketahui oleh peserta didik.

c) Bahan tersebut merupakan bahan wajib, sesuai dengan tuntutan kurikulum.

d) Bahan yg sulit diperoleh sumbernya, harus diupayakan buat diberikan oleh guru. untuk bahan yang gampang diperoleh sebaiknya ditugaskan buat dipelajari, sedangkan guru cuma berkata pokok-pokoknya saja.

Naaahh… setelah anda membaca penjelasan di atas, sekarang ini anda bisa mendonwload secara enteng bermacam macam sampel materi atau Pelajaran Alkitab Untuk Remaja yang anda cari. Di bawah ini, anda bisa mencari dan menemukan bahan ajar tersebut.

Unduh Pelajaran Alkitab Untuk Remaja

mungkin saja sekian artikel berkenaan contoh-contoh materi pelajaran. Terima kasih sudah berkunjung ke blog doggielidi, semoga bisa memberikan faedah & berkah khususnya untuk kamu, para pelajar dan para guru. Mohon maaf jika dalam web ini ada penjelasan yang kurang cocok atau kamu tidak menemukan materi ajar yang anda cari. Terima kasih banyak

Tinggalkan komentar